Materi Mengenal dan Menghitung Jam untuk Murid Kelas 2 MI / SD



Secara keseluruhan, mata pelajaran kelas 2 SD semester 1 dan 2 memang nggak begitu berbeda jauh dengan kelas 1. Siswa akan belajar banyak hal mulai dari Matematika sampai Bahasa Indonesia. Nah, nyonyaguru akan coba jelaskan satu per satu mengenai materi yang dipelajari murid di bangku kelas 2 SD.

Pertama, nyonyaguru akan coba memaparkan tentang mata pelajaran Matematika SD kelas 2 semester 2. Diantaranya nyonyaguru akan membahas cara mengenal jam. Dalam Kurikulum Merdeka, murid kelas 2 SD/MI diharapkan mencapai tujuan pembelajaran:

1) membedakan durasi dan waktu

2) mengenal jam, menit, detik

3) memahami durasi sehari dalam jam

4) mengenal waktu pagi, siang, sore, malam

Lebih lanjut, murid diharapkan mampu menjelaskan makna gerakan jarum panjang pada jam dinding kaitannya dengan waktu. Selain itu, menentukan lamanya suatu kegiatan dengan menggunakan gerakan jarum panjang pada jam dinding.

******

Dalam rutinitas sehari-hari tidak akan terlepas dari waktu, mulai dari bangun tidur pagi, mandi, sholat subuh, murojaah, membantu orangtua, sarapan, berangkat sekolah ataupun madrasah, melaksanakan kegiatan belajar dan bermain, nonton TV, olahraga dan banyak lagi kegiatan yang membutuhkan waktu. Jadwal pelajaran maupun jadwal kegiatan setiap hari adalah contoh penerapan pengaturan waktu yang terdapat jenis kegiatan dan waktu melaksanakannya. Tentunya sebelum membuat jadwal harus terlebih dahulu dapat membaca waktu yang tertera pada jam dinding.

Waktu


Satuan waktu biasanya terdiri dari detik, menit, jam, hari, bulan, tahun, dan seterusnya. Nah, materi SD kelas 2 semester 2 ini bisa Pak-Bu bisa ajarkan lewat aktivitas sehari-hari yang biasanya dilakukan oleh murid.

Sebagai contoh, Pak-Bu bisa memberitahukan kepada murid di jam berapa mereka melakukan sebuah aktivitas. Jam 7 anak mandi, lalu setengah 8 sarapan dan siap-siap ke madrasah. Secara tidak langsung, hal tersebut akan memperkenalkan kepada murid tentang satuan waktu berupa jam.

Setelah dapat membaca jam, sekarang kita bersama dapat mengerti berapa menit dalam satu jam dan berapa detik dalam satu menit melalui pengamatan, mari kita amati jam dinding atau jam tangan di sekelilingmu lalu hitung dalam satu putaran, jarum jam yang menunjukkan detik bergerak berapa detik?

Untuk lebih mengasah otak anak, Bapak dan Ibu tinggal tanya kepada anak, kira-kira berapa selisih dari jam 7 sampai jam 10? Pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan 10 -7= 3.

Berarti, ada selisih 3 jam dari jam 7-10.

Sekarang mari belajar mengenal waktu. Pukul berapa kamu masuk sekolah? Pada jadwal yang tertera, masuk sekolah pukul 07.00. Bagaimana bisa mengetahui sekarang pukul 07.00?

Alat Pengukur Satuan Waktu




Nah, alat pengukur waktu dalam kehidupan manusia sehari-hari adalah jam. Umumnya jam memiliki tiga jarum yang berfungsi untuk menjelaskan satuan jam, menit, dan detiknya. Untuk lebih memahaminya, simak gambar berikut:

Dari gambar ini, maka dipastikan bahwa tiga jarum itu menunjukkan sebuah satuan waktu, yang nantinya dapat dibaca. Berikut penjelasan ketiga jarum pada jam:

Jarum pendek, yaitu sebuah jarum yang menunjukkan jam. Pergeseran dari satu angka ke angka lainnya ini memakan waktu 1 jam.

Jarum panjang, yaitu sebuah jarum yang menunjukkan menit. Pergeseran dari satu angka ke angka lainnya adalah 5 menit.

Jarum halus, merupakan sebuah jarum yang mengindikasikan satuan detik. Pergeseran dari suatu titik ke titik lainnya memakan waktu 1 detik.

Nah, jam, menit, dan detik merupakan satuan waktu yang dapat membentuk satuan waktu

Hubungan antara satuan jam, menit, dan detik adalah sebagai berikut:

1 jam = 60 menit atau 1 menit = 1/60 jam

1 menit = 60 detik atau 1 detik = 1/60 menit

1 jam = 3600 detik atau 1 detik = 1/3600 jam

1 hari lamanya 24 jam, sehingga 1 hari = 24 jam.

Nah, untuk mengubah tanda waktu yang sebelumnya menggunakan format 24 jam ke tanda waktu 12 jam, bisa dilakukan dengan cara jika waktu lebih dari 12, maka kurangilah dengan 12.

Misal:

Pukul 15.30 = pukul (15.30 - 12.00)

Pukul 15.30 = pukul 3.30 sore

Pukul 23.15 = pukul (23.15 - 12.00)

Pukul 23.15 = 11.15 malam

Berikut ada contoh soal dari pembelajaran kelas 2 SD Matematika yang satu ini:

Misalnya, paman pergi ke rumahku. Paman berangkat pukul 3 dan sampai pukul 5. Kira-kira berapa jam perjalanan yang ditempuh paman?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Bapak dan Ibu bisa menjelaskan kepada siswa dengan mengetahui selisih antara 3 dan 5. Selisihnya dapat diketahui dari pengurangan angka 5-3. Dengan demikian jawabannya adalah 2 jam.

Demikian beberapa penjelasan terkait materi "mengenal dan menghitung jam". Semoga bermanfaat! 


0 comments