Ide Kreatif Membuat Catatan di Buku Tulis Siswa Madrasah


Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mencatat akan membuat anak didik lebih mudah mengingat isi materi pelajaran. Tidak cuma itu, membuat catatan selama di madrasah juga bisa meningkatkan kemampuan mendengarkan dan mempertajam fokus kita. Tapi kenyataan nya, anak didik saya ternyata lebih suka membaca di buku LKS ketimbang di buku tulis. Sedangkan buku cetak, belum bisa disediakan di madrasah kami. Padahal sebagai mana Pak-Bu tahu, LKS hanyalah lembar kerja siswa dengan penyampaian materi terbatas karena hanya berupa ringkasan. Jadi untuk melengkapinya, saya tambahkan materi lewat buku catatan anak-anak yang saya ambil dari berbagai sumber. Namun ternyata anak didik saya kurang minat belajar dengan buku catatan tersebut. Selidik punya selidik, hal itu dikarena buku catatan mereka kurang menarik sehingga minat mereka dalam membaca dibuku catatan kurang. 

Alhamdulillah karena pengaruh media sosial, saya menemukan banyak ide dari Bapak-Ibu guru baik yang sharing beragam ide kreatif membuat catatan buku tulis anak-anak. Dan hasilnya mereka semakin semangat untuk belajar dengan buku catatannya. Jika Pak-Bu berkenan, Pak-Bu bisa intip cara saya dalam mengarahkan anak didik membuat buku catatan yang menarik. Berikut tips membuat catatan menarik dan kreatif yang membuat anak didik semangat belajar!


1. Membuat Judul deng adaan Ukuran Besar dan Tebal

Membuat Judul dengan ukuran yang tebal dan besar mempermudah anak didik untuk mencari judul materi yang akan ia pelajari. Selain itu, penulisan judul dengan ukuran yang berbeda dengan tulisan di paragraf, membuat adanya variasi tulisan sehingga catatan lebih terlihat menarik. 

2. Memberi tanda untuk istilah penting

Biasanya saya garis bawahi setiap kata istilah pada materi saat menulis di papan agar anak mengikuti. Saya pun menyarankan, agar anak bisa menggaris bawahi kata istilah dengan spidol warna agar lebih menarik

3. Catatan Hanya Berupa Ringkasan Materi Penting Sehingga Mudah Untuk dipelajari

Buku catatan akan lebih efisien, jika guru berkenan meringkaskan materi-materi penting dalam pembelajaran. Selanjutnya untuk keterangan terkait, bisa guru sampaikan secara langsung pada sesi metode ceramah atau diskusi. Hal ini bertujuan agar anak didik lebih mudah mempelajari isi materi saat belajar dengan buku catatannya 

4. Buat Catatan Anak Lebih Kreatif dengan Beragam Gambar, Buku Zig-zag, Kertas Warna dan Tulisan Berwarna


Warna, bentuk dan tekstur yang berbeda membuat anak lebih tertarik. Jadi selain cara-cara diatas, menambahkan ide gambar lucu atau buku di dalam buku membuat buku catatan menjadi memiliki tekstur beragam. Pengalaman saya anak menjadi lebih antusias tidak hanya membuka buku catatan kembali namun juga membuatnya. Adanya banyak contoh cara membuatnya. Bisa dengan menempatkan buku zig-zag, atau sekedar mencatat satu materi penting pada kertas berwarna. 

5. Memberi Aksen Simbol Pada Jenis, Langkah atau Cara Juga efektif Membuat Buku Catatan Lebih Menarik

Simbol-simbol seperti anak panah, tanda bulat, atau gambar lucu seperti bunga kecil, kepala boneka juga bisa digunakan sebagai pengganti angka saat penulisan materi terdapat langkah atau cara membuat. Membuatnya dengan warna-warna yang lucu juga bisa membantu.

6. Membuat Main Mapping atau Pohon Ide 

Main Mapping selain bertujuan mempermudah anak didik mempelajari materi. Model penulisan seperti ini juga membuat tulisan pada buku catatan lebih bervariasi dan menarik untuk dibaca. Apalagi jika dibuatnya dalam gambar kemudian ditambahkan warna-warna menarik.  

0 comments