Ide Kegiatan Inspiratif Guru dan Siswa Untuk Mengawali Kegiatan di Semester Genap


Tulisan yang terhambat oleh beragam kegiatan awal tahun madrasah yang super padat. Namun saya yakin walau tema ini sudah agak telat, tapi masih ada semester depan dan tahun depan untuk tulisan ini memberi manfaat. Insyaallah.. aamiin

Liburan kali ini, nggak berasa liburan untuk kami guru-guru madrasah tempat saya bernaung. Karena libur seminggu dihabiskan untuk beberapa agenda seperti penyelesaian tugas administrasi di semester 1, kegiatan ziarah wali para guru kemudian di akhiri dengan rapat awal semester 2 yang bertepatan dengan hari milad MI serta peresmian gedung baru di madrasah kami. Namun apapun kesibukannya, guru harus tetap menyempatkan untuk planning ke depan demi menyiapkan kelasnya di semester ini. Pastinya ada banyak revisi-revisi atau perbaikan sana-sini, berdasarkan pengalaman Bapak-Ibu guru selama mengajar di semester satu. Setelah itu, kita pun harus menyiapkan kegiatan awal kelas. Nggak mungkin kan jika langsung gaspol ke materi? Karena siswa dan guru perlu pemanasan dulu untuk benar-benar siap melakukan proses belajar mengajar dengan semangat. Nah berikut beberapa ide kegiatan dari saya yang bisa Bapak-Ibu guru terapkan di awal kelas menyambut di semester dua atau semester genap !

1. Melakukan Ice Breaking Seru


Perpisahan selama beberapa hari saat liburan, guru sebaiknya bisa membangun hubungan baik dengan siswa di awal kelas yang menyenangkan agar proses belajar yang selanjutnya bisa lancar dan penuh semangat. Ice breaking salah  satu solusinya. Ada banyak jenis ice breaking seru yang bisa digunakan. Usahakan, mencari kegiatan ice breaking terbaru di kelas agar anak antusias dan penasaran mengikuti kegiatan yang kita hadirkan. Bisa dengan menyanyi bersama, tebak-tebak an, atau bermain permainan seru di luar kelas.



2. Mengucapkan Terimakasih Serta Mengevaluasi Kinerja Pengurus Kelas


Hal ini perlu sekali agar pengurus kelas lebih bersemangat menjalankan tugas membantu guru utamanya wali kelas dalam mengelola kelas. Ucapan terimakasih di depan kelas dengan menyebutkan pencapaian-pencapaian yang didapat selama membantu wali kelas mengelola kelas bisa jadi penyulut semangat untuk bertugas lebih baik lagi. Selain itu, wali kelas juga bisa manfaatkan awal semester untuk mengevaluasi kinerja mereka. Tentang apa yang perlu dipertahankan dan mana yang perlu ditingkatkan.

3. Merevisi Kesepakatan Kelas


Awal semester satu adalah pengenalan kelas baru serta peraturan baru. Karena bisa jadi tiap wali kelas menerapkan peraturan yang berbeda-beda untuk mengelola kelasnya. Dan Semester 2 adalah waktu bagi wali kelas atau guru bersama anak didik untuk merevisi kesepakatan peraturan yang pernah disepakati. Mungkin dengan menambah beberapa peraturan baru atau menambah sanksi untuk kedisiplinan kelas. Revisi jangan langsung diumumkan oleh guru atau wali, tapi libatkan anak didik agar mereka ikut bertanggung jawab atas peraturan kelas yang disepakati bersama. Hal ini juga bertujuan agar anak didik merasa dipercaya dan dianggap menjadi bagian penting di kelas. Sehingga akan timbul kepercayaan diri dan kepercayaan terhadap guru dan wali kelasnya.

4. Mengajak Siswa Merefleksi Kegiatan Pembelajaran Di Semester Satu


Semester genap adalah semester penting karena siswa akan naik di kelas berikutnya atau bahkan akan mendaftar di jenjang pendidikan yang selanjutnya. Semester penting ini sebaiknya dimanfaatkan dengan benar. Awal masuk sebaiknya guru mengajak siswa merefleksikan kembali pembelajaran semester satu yang telah terlewati. Merefleksikan bersama terkait apa saja moment menyenangkan yang pernah terjadi; Kegiatan-kegiatan apa saja yang anak-anak gemari; Moment menyebalkan, melelahkan serta berbagai kelebihan dan kekurangan selama satu semester. Didiskusikan bersama dan menjadi catatan guru untuk pembelajaran di semester genap ini.

Selain itu, Guru juga mengajak siswa berdiskusi bersama tentang perubahan-perubahan yang mereka inginkan di semester genap ini. Misalnya, terkait apa yang siswa harapkan di kelas ini; apa yang ingin siswa pelajari; Bentuk tugas seperti apa yang ingin siswa kerjakan agar bisa lebih maksimal di kelas ini; Bagaimana suasana kelas yang siswa harapkan dan lain sebagainya. Setiap harapan ditulis oleh siswa dan guru di kertas yang sudah disediakan yang kemudian ditempel di kelas. Harapan-harapan yang anak-anak buat ini nantinya akan menjadi pengingat jika siswa ada penurunan semangat atau perselisihan di kelas. Kegiatan kemudian diakhiri dengan do'a bersama agar resolusi semester genap ini dapat tercapai.

5. Memotivasi Semangat Belajar Siswa


Kegiatan wajib sebelum memulai awal pembelajaran Semester genap adalah memberikan motivasi kepada siswa. Tentang meningkatkan minat belajar siswa dengan komunikasi dua arah. Memberikan arahan tentang cara belajar yang sesuai dengan karakter mereka masing-masing.

Kita juga bisa meminta siswa beberapa hal ingin dicapai dalam satu semester terkait pencapaiannya dalam belajar dalam secarik kertas. Dan menempelnya disalah satu sudut kelas sebagai bentuk motivasi. Kegiatan ini bermanfaat untuk memotivasi belajar siswa secara berkelanjutan dengan memperlihatkan kembali catatan nya dihari-hari ke depan.

Demikian beberapa ide kegiatan yang Bapak-Ibu guru bisa terapkan di awal semester genap ini. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baik. Semoga ide kegiatan-kegiatan yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Bapak-Ibu guru dalam mengawali kegiatan semester genap ini.

2 comments

  1. Iya ya butuh pemanasan baik dari sisi murid maupun guru. Semangat belajar dan mengajar, Bu guru...

    ReplyDelete
  2. Makasih sharingnya. Segala cara harus dilakukan agar jadi menyenangkan tidak bosan

    ReplyDelete