6 Tips Bagi Guru SD dan MI Mengelola Kelas untuk Pembelajaran yang Efektif


Bagaimana kelasnya Bapak-Ibu?
Apakah anak-anak belajar dengan semangat dan riang?
Atau masih sering gaduh dan tidak kondusif?

Mengajar di kelas tingkat sekolah dasar memang bukanlah hal yang mudah, ya Pak-Bu! Wajar karena anak di usia bermain seperti anak-anak kita memang cenderung agak sulit untuk mematuhi peraturan. Namun saya yakin, pengelolaan kelas yang baik sangat menentukan kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan penerapan pengelolaan yang baik ditambah guru yang menyenangkan ketika mengajar membuat peserta didik lebih fokus untuk menerima kegiatan pembelajaran yang guru sampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal. Berikut 6 Tips dari saya, bagi guru SD dan MI dalam mengelola kelas untuk pembelajaran yang efektif !

Menguasai Materi Pembelajaran yang Akan Disampaikan

Penting sekali, buat Bapak-Ibu guru menguasai materi yang akan disampaikan. Jadi mari luang sedikit waktu sebelum masuk ke kelas untuk mempersiapkan materi yang akan disampaikan. Ini kunci terpenting menurut saya karena jika guru tampil tanpa persiapan pasti sedikit banyak akan mengurangi performa mengajarnya. Namun jika kita berkenan meluangkan waktu sedikit waktu untuk membuka perangkat mengajar, menyiapkan ice breaking dan memahami materi yang akan disampaikan, maka kita tahu akan mengajar seperti apa nanti di kelas. Tindakan-tindakan kecil seperti ini menurut pengalaman saya sangat ampuh memompa kepercayaan diri saya di depan kelas sehingga menumbuhkan semangat saya mengajar. Dan pastinya jika gurunya semangat, semangat itu pasti menular ke peserta didiknya.

Menerapkan Metode/Model Pembelajaran yang Bervariasi.

Kelas yang kondusif tak mungkin hadir begitu saja. Perlu usaha guru dalan menyetabilkan mood agar terus baik. Salah satunya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi. Ada banyak metode pembelajaran yang bisa bapak/ibu guru gunakan sesuai dengan mata pelajaran dan kemampuan anak. Penentuan metode pembelajaran yang tepat dan tidak monoton alias itu-itu membuat siswa menjadi jenuh dan malas memperhatikan materi yang guru sampaikan. Dan aktifitas apalagi yang mereka lakukan untuk mengusir jenuh selain bermain, ngobrol sendiri sehingga gaduh dan membuat kegiatan pembelajaran menjadi tidak kondusif

Memanfaatkan Pengurus Kelas untuk Membantu Mengelola Kelas

Tahukah, Bapak-Ibu.. sebuah kelas bisa diibaratkan sebuah negara? Layaknya negara haruslah memiliki sistem pemerintahan yang baik. Struktur organisasi kelas yang dibuat di awal kelas baiknya benar-benar difungsikan. Karena setelah saya alami setelah beberapa tahun ini sebagai wali kelas, keberaaan pengurus kelas sungguh sangat membantu saya mengoptimalkan kegiatan pembelajaran bahkan ketika saya terpaksa berhalangan hadir. Jadi, Bapak-Ibu harus benar-benar selektif memilih pengurus kelas karena nantinya merekalah yang akan membantu pekerjaan Bapak-Ibu mengelola kelas.

Disiplin Dalam Melaksanakan Peraturan Kelas

Selain pengurus kelas, peraturan yang sudah disepakati bersama di awal semester juga sangat membantu lho membuat suasana kelas lebih kondusif. Syaratnya Bapak-Ibu guru harus benar-benar disiplin dalam melaksanakan peraturan itu. Sangat perlu juga, untuk memberi sanksi dan poin yang benar diberlakukan dan dicatat sebagai bentuk keseriusan kita dalam melaksanakan peraturan. Hal ini sungguh akan membuat anak didik kita lebih berhati-hati dan mematuhi peraturan ada atau tidaknya guru karena ada ketua kelas dan pengurus kelas yang membantu.

Buatlah Suasana Kelas Senyaman Mungkin

Kelas belajar tak selalu melulu di dalam kelas. Ada banyak tempat yang bisa digunakan sebagai tempat belajar. Diantaranya, halaman sekolah, perpustakaan sekolah, Museum terdekat, atau bahkan pasar. Penentuan kelas ditentukan oleh Mata pelajaran dan tema yang dibahas. Jika memungkinkan belajar di luar kelas maka hal itu akan membuat suasana lebih menyenangkan dan penuh semangat karena kelas tidak melulu di dalam ruang. Namun demikian belajar di ruang kelas tak kalah menyenangkan jika kita bisa membuat suasana kelas menjadi nyaman. Diantaranya;

  1. Secara berkala ubah tatanan tempat duduk juga posisi penempatan siswanya
  2. Buat kelas yang nyaman dengan penuh hiasan, prakarya dan media pajang
  3. Usahakan kelas selalu bersih, bebas bau, sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup

Menjadi Guru yang Menyenangkan

Menjadi guru yang tegas itu perlu agar tetap menjaga wibawa kita sebagai seorang guru sehingga siswa ada segan untuk melanggar peraturan kelas. Namun kata tegas tak berarti tak menyenangkan. Tetap tersenyum, dan berikan pengajaran serta didikan yang penuh keikhlasan, ketulusan dan penuh cinta selayak anak sendiri. Mengapa? Karena apa yang dari hati pasti akan sampai ke hati. Selain itu, guru wajib membangun komunikasi yang baik dengan siswa. Berikan suasana kelas yang menyenangkan dengan metode pembelajaran yang bervariatif juga selalu gunakan ice breaking untuk membangun komunikasi, membuat suasana lebih rileks serta menambah kefokusan siswa. Yuk, senantiasa berusaha menjadi guru yang selalu dirindukan oleh siswa kita.

Membuat suasana kelas yang kondusif untuk belajar memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika guru mulai menerapkan tips untuk membuat kelas menjadi lebih kondusif seperti di atas. Karena bagaimanapun, kelas yang kondusif pada akhirnya akan sangat memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran dengan sebaik mungkin, sehingga siswa bisa memahami materi pelajaran dengan baik.

2 comments

  1. Makasih sharingnya cocok buat komunitas anakku juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih bu.. Maaf baru bisa respon sekarang🙏

      Delete