Mengapa Membaca Harus Dibiasakan Pada Anak?


Saya termasuk orangtua juga guru suka banget melihat anak-anak gemar membaca. Walau sebenarnya saya akui usaha yang saya lakukan kurang maksimal. Namun harapan itu tidak putus untuk anak-anak menyenangi buku. Karena perlu ayah-bunda tahu bahwa kegiatan membaca seperti ini, memiliki manfaat bagi anak-anak. Diantaranya:

1. Peningkatan Kemampuan Otak Anak

Kebiasaan membaca buku memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. Karena di dalam buku memiliki beragam rangkaian kata, angka dan gambar. Kombinasi beberapa hal tersebut terbukti mampu mengaktifkan bagian otak karena memproses kata untuk menjangkau maknanya. Dan perkembangan otak tersebut mempengaruhi cara bicara anak, cara memecahkan masalah, pengalaman berpikirnya juga mungkin hasil tulisannya.

2. Mempererat Hubungan Anggota Keluarga

Kegiatan membaca buku bersama teman, saudara, guru atau orangtua menjadi momen spesial yang mungkin mengatakan dinginkan anak-anak. Mempererat hubungan sosial-emosional antar anggota keluarga terutama orangtua dan anak.

3. Dukung Masa Depan

Suatu kabar baik jika anak-anak menyukai buku. Karena baku membuat pola pikirnya lebih terarah. Mereka, anak-anak pecinta buku sudah tahu kemana arah tujuan dan cita-cita mereka kedepan berdasarkan informasi yang dia dapat dari buku-buku yang mereka baca. Buku-buku kesukaannya akan memotivasinya menjadi tokoh-tokoh hebat yang ada dalam buku. Fokus mencari tahu kemudian mempraktikkan dari buku yang dia baca.

4. Melatih konsentrasi


Buku memang memiliki segudang manfaat. Entah si kecil sudah mampu membaca atau sekedar melihat-lihat gambarnya saja sekalipun, kegiatan membaca tetap memberi manfaat bagi anak. Jadi tak perlu tunggu anak bisa baca untuk mengenal mereka buku ya bun.. Tetap ajak anak membaca buku. Karena ketika anak-anak membaca buku maka fokus perhatian mereka terhadap bacaannya. Hal tersebut akan melatih seseorang dalam berkonsentrasi terhadap sesuatu. Dengan demikian membaca buku juga bisa meningkatkan konsentrasi anak.

5. Membaca Buku Dapat Melatih Imajinasi Anak



Imajinasi itu sendiri adalah daya pikir anak untuk membayangkan dan menciptakan gambaran yang ada di pikirannya. Daya imajinasi sangat baik untuk membuat mereka dapat berpikir luas sehingga lebih banyak cara untuk menyelesaikan masalah atau mengembangkan ide barunya. Maka dari itu, penting sekali untuk kita sebagai orangtua atau guru untuk melatih daya imajinasi mereka. Dan salah satu caranya adalah dengan mengenalkan mereka pada buku. Misalnya saja, saat anak-anak kita kenalkan pada cerita anak dan sejenisnya, maka anak kita jadi dapat membayangkan isi cerita saat membaca. Imajinasi kemudian meningkat dan hal itu sungguh berefek baik untuk kreativitasnya. Semakin banyak buku yang berhasil dilahapnya semakin daya imajinasinya.

Itulah beberapa manfaat membaca buku sejak dini. pilih buku yang sesuai dengan usia anak. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk belajar dan memahami cerita yang terdapat dalam buku. Ayah-Bunda juga bisa memilih tokoh favorit anak sebagai buku bacaan. lakukan kegiatan membaca dengan menyenangkan. Gunakan gaya yang bercerita yang menarik. Serta jangan memaksa anak untuk membaca saat anak terlihat kurang nyaman atau sakit.

3 comments

  1. Setuju, ananda. Untuk melatih kebiadaan membaca bagi anak harus dimulai sejak dini. Sebelum mereka mengenal gadget. Salam sehat buat keluarga di sana.

    BalasHapus
  2. ya, benar, banyak manfaat dari membaca...
    tulisan bermanfaat... 👍👍👍

    BalasHapus
  3. Dulu papa ku sampe udah nyediain aneka buku bahkan ketika kami semua msh dalam kandungan mba. Krn segitu pengennya papa bisa bacain buku ke anak2nya, dan bisa bikin kami jadi cinta buku. Berhasil banget, Krn sampe skr aku dan adek2 masih suka banget membaca. Aku bahkan bikin reading challenge tiap tahun.

    Dan kebiasan itu yg aku turunin ke anak2. Aku mau mereka juga suka membaca, supaya ga jadi kayak orang2 zaman skr, yg cuma baca judulnya doang trus langsung mikir seenaknya soal isi. Jadi gampang percaya hoax. Harus baca dulu isinya. Salah satu cara yg aku lakuin dengan bacain mereka cerita setiap malam sih. Trus gantian, ntr mereka juga dpt giliran bacain cerita 😁

    BalasHapus