Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Dengan Canva Tanpa Memenuhi Memori Hp Anda


Sejak pemerintah menetapkan Social Distanding hampir seluruh sekolah menetapkan kegiatan pembelajaran secara online. Ada banyak kendala yang dihadapi anak, orangtua juga kami guru-guru mereka. Menurut saya sangatlah wajar, karena kita yang biasa belajar dengan system tatap muka, tiba-tiba dituntut untuk belajar jarak jauh dengan segala macam permasalahan didalamnya. Bisa jadi kami para guru yang gak semua melek teknologi. Bisa juga peran serta orangtua yang kurang karena maklum saja di tengah krisis seperti ini mereka juga harus dipusingkan dengan masalah ekonomi. Belum lagi ketidak mampuan anak didik menangkap materi secara online juga semangat yang pastinya menurun karena nggak lagi bisa belajar bersama teman dan guru-gurunya secara langsung. 

Ditambah masalah koneksi dan kouta internet yang juga harus jadi pertimbangan kami. Tentang bagaimana memaksimalkan kegiatan pembelajaran dengan tanpa mengabaikan pengetahuan orangtua dan anak didik terkait teknologi, kesibukan orangtua, serta kemampuan ekonomi mereka. Kami tidak bisa serta merta memaksa anak didik dengan orangtuanya menggunakan metode pembelajaran via zoom atau sejenisnya yang mungkin saja memberatkan mereka. Alhasil, di beberapa sekolah utamanya tempat saya mendidik, mencari jalan tengah dengan menggunakan Grup whatsapp sebagai alat penyampaian materi dan tugas untuk anak didik kami. Dari sini sudah bisa dipastikan, penyampaian materi via grup whatsapp sangatlah memiliki banyak sekali kekurangan ketimang mungkin penggunaan apilkasi lain. Salah satunya dalam penyampaian materi, kegiatan pembelajaran menjadi lebih banyak ke membaca, tugas dan praktek saja. Namun demikian, saya berusaha sebisa mungkin menyampaikan materi dengan mengirim video ataupun  dengan pesan suara. Karena saya yakin ini sangat menyulitkan orangtua wali jika saya Cuma sekedar memberikan tugas-tugas ke mereka saja.

Wah.. wah sampai ngalor-ngidul saya curhatnya he.. he.. Tapi saya rasa curhatan saya ini tidak hanya saya dan Madrasah saya saja yang merasakan. Tentang bagaimana sulitnya mengupayakan pembelajaran tetap berjalan dengan baik serta anak-anak semangat belajar walau dengan beragam keterbatasan. Untuk itu, kali ini saya akan mencoba share pengalaman saya dalam membuat materi ajar yang menarik menggunakan aplikasi canva yang mudah, gratis dan pastinya gak bakal membuat memori Hp Bapak-Ibu penuh karena kita medesainnya lewat chrome atau browser lainnya. Langsung saja simak yuk caranya!

  • Buka chrome anda atau browser lainnya. Kemudian ketik “canva” dikolom pencarian atau klik disini
  • Kemudian login atau klik daftar jika belum mendaftar. Saat mendaftar anda bisa mendaftar akun google atau bisa juga dengan menggunakan akun facebook anda. Kalau saya lebih suka menggunakan akun facebook karena lebih simple terutama jika akun facebook sudah login di hp, PC atau laptop anda
  •  Langkah selajutnya klik buat desain untuk memulai mendesain materi ajar.

  • Disana anda akan mendapati berpuluh desain gambar. Mulai dari desain gambar kiriman instagram, banner dan lain-lain. Trus scroll sampai anda mendapatkan desain presentasi bentuk video kemudian klik

  •  Setelah itu anda akan diarahkan untuk memilih beragam template presentasi baik itu gratis maupun berbayar yang berada disisi kanan canva. Tapi saya biasanya lebih suka desain sendiri atau modif dari template gratis bisa dengan mengubah warna, tulisan, mengganti icon atau menambah gambar. Bagaimana caranya silahkan ikuti langkah selanjutnya ya!


  • Setelah sudah ditentukan template yang cocok anda bisa menyortir dan mengedit beberapa template yang kurang cocok
  • Cara mengedit bentuk fontnya yang berada disebelah kanan atas seperti contoh gambar yang saya panah berikut. Untuk desain tulisan insyaallah hamper serupa dengan saat anda menulis di microsoft word, Bapak-Ibu. Jadi saya anggap semua sudah mengerti
  •   Kemudian anda bisa menambahkan materi pembelajaran dalam beberapa gambar. Kalau bisa jangan terlalu banyak ya Bapak-Ibu karena akan malah membuat video kita sulit dipahami anak-anak karena hurufnya menjadi terlalu kecil. Selain itu, penulisan yang terlalu banyak akan membuat pengisian suara di tiap gambar menjadi terlalu lama hingga sulit diupload
  • Setelah selesai pengisian materi anda bisa menambahkan gambar-gambar tambahan. Gambar ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan tapi juga berfungsi untuk menyembunyikan video berisi suara kita yang akan kita letakkan disalah satu gambar

  • Kita sampai ke langkah yang paling seru yaitu pengisian suara ditiap gambar. Saya biasanya menggunakan pc untuk mengedit dan hp saya untuk merekam video. Jadi canva saya buka di pc juga di hp saya dengan cara yang sama. Lalu saya klik tanda plus (+), klik unggah, kemudian klik kamera perekam untuk memulai secara langsung.

  • Saya lakukan itu sampai akhir gambar dan tarra selesailah video materi saya. Untuk mendownload anda bisa klik tanda panah ke bawah seperti contoh gambar berikut. Selesai...! Setelahnya anda bisa share di aplikasi yang biasa anda gunakan untuk menyampaikan materi ajar untuk anak-anak.

      Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi Bapak-Ibu guru yang masih awan teknologi seperti saya. Saya yakin guru-guru Indonesia adalah guru-guru yang kreatif dan inovatif dalam penyampaian pembelajaran. Apapun itu cara yang ditempuh dalam menyampaikan ilmunya selagi disertai keikhlasan dan ketulusan semua akan sampai ke anak didik kita. Dan insya Allah penuh keberkahan dan kemanfaatan sehingga menjadikan anak didik kita anak didik yang cerdas, Sholih serta berakhlakul karimah. Aamiin!


3 comments

  1. Pakai Canva makin mudah ya..aku sampe beli di shopee lo premiumnya..
    murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kecintaan banget pakek aplikasi ini.. wah.. berapa mas? tertarik juga ini

      Hapus
  2. Guru anakku juga ngasih materi dr wa mba. Krn ga semua ortu murid mampu utk pakai zoom setiap hari. Aku sih juga malah seneng pake wa gini. Dan unthlungnya materi yg diksh juga jelas.

    Tapi memang kalo gurunya bisa kreatif memakai canva misalnya , bagus juga sih yaa. Ada alternatif cara mengajar dan pastinya anak2 ga bosan.

    Aku pake canva hanya utk edit kecil2an postingan blog baru misalnya. Blm sampe LBH detil. Jd msh banyak yg aku buta ttg canva ini

    BalasHapus