Kumpulan Doa Sehari-Hari untuk Anak-Anak Serta Cara Pembiasaannya yang Wajib Orangtua Ketahui!



Orangtua adalah tauladan dan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Bagaimanapun sekolah mengajarkan banyak hal terkait ilmu, agama dan budi tapi semua akan percuma jika tidak ada pembiasaan di rumah. Karena di rumah adalah sekolah terlamanya. Mungkin di madrasah atau di sekolah dia diajarkan banyak ilmu dan kebiasaan dalam beribadah. Bagaimana adabnya makan, kaki mana yang didahulukan saat keluar kamar mandi, do’anya bangun tidur atau mungkin pembiasaan sholat dhuha di madrasah mereka. Tapi saat di rumah, Ayah-Bundanya tidak melanjutkan dan tidak membiasakannya di rumah. Maka ilmu agama yang didapat anak di madrasah atau di sekolahnya seolah sia-sia belaka. Saya yakin pernyataan saya ini disetujui bapak –ibu guru, betul demikian kan bu? 

Oleh karena itu, tak cukup melimpahkan didikan agama dan ilmu umum kepada lembaga pendidikan anak. Karena orangtua tetaplah tonggak utama pendidikan itu sendiri. Orangtua adalah figur terdekat yang akan menjadi role mode bagi anaknya. Anak laki-laki selalu memilki harapan bisa menjadi segagah ayahnya. Begitupun anak perempuan, dia menganggap ibunya adalah sosok perempuan teranggun dan suatu saat ingin menjadi seanggun ibunya. Begitulah seorang anak! 

Dilansir dari kanal youtube Al-Bahjah TV, Buya Yahya mengatakan, “Pendidikan islam adalah perkara yang sangat penting. Dan orangtua adalah peran terbesarnya terutama seorang ibu. Karena ibu adalah orang terdekat bagi seorang anak. Sudahkan kita menjadi contoh yang baik baginya? Sudahkah kita menjadi tauladan yang baik bagi anak? Seorang ibu haruslah memiliki ketegasan yang penuh cinta. Jangan sedikit-sedikit kasihan. Sampai-sampai mengajarkan kebaikan pun tidak tega ntuk diperintahkan hanya karena kasihan. Ajak anak-anak kita di majlis ilmu, dekat dengan para ulama dan jadilah contoh yang baik buat anak kita”. 

Perkataan Buya sungguh mengena ya Bun.. Sungguh kita sebagai seorang Ibu masihlah suka memberikan toleransi-toleransi untuk hal-hal terkait dengan pembiasaan ibadah anak. Tidak membangunkan anak sholat subuh hanya karena kasihan membangunkan anak terlalu pagi. Padahal si anak sudah umur 10 tahun dan sudah sepantasnya jika kita menerapkan ketegasan untuk kegiatan ibadahnya. Tapi lucunya kita tega-tega saja membangunkannya saat ia tidur siang karena sayang jika ia harus bolos lagi dalam les musiknya. itulah kebanyakan kita ya Bun! Kita lupa bahwa penananman agama itu jauh lebih penting dari ilmu matematika nya. Jauh lebih penting dari kelihaiannya berbahasa Inggris. Jauh dan jauh lebih penting dari semua itu. Karena anak bukan saja harapan kita di dunia tapi harapan kita di akhirat nanti. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ 

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631) 

Ayah-bunda, Agama adalah perisai bagi rusaknya moral di era modern sekarang ini. Jika anak-anak kita sudah terbiasa melakukan amalan-amalan sesuai dengan agama. Tentang bagaimana beradab dalam kesehariannya dan penerapan amalan lainnya. maka insyaallah anak-anak kita menjadi anak-anak yang tidak mudah terbawa arus pengaruh buruk era modernisasi. Ada banyak yang perlu kita biasakan ya bun, salah satunya pembisaan dalam mengamalkan doa-doa harian. Ini sangat penting tidak hanyanya agar semua kegiatannya mendapat lindungan dari Allah tapi lebih dari itu, dengan mengawali semua dengan do’a berarti anak dengan sekaligus selalu ingat Allah akan setiap langkahnya. Dan semoga terhindar dari semua pengaruh buruk di luar sana. 

Doa’a harian mungkin saja sudah banyak di hafal oleh anak-anak kita. Karena antara lain tuntutan dari madrasahnya. Tapi hafalan akan hanya menjadi hafalan yang kemudian hilang karena usang saja bun jika kita tak melanjutkannya di rumah. Dan ini tugas orangtua untuk membiasakan hal tersebut. Sayang kan Bun! Jika belum sempat, Yuk mulai dari sekarang Bun. Segera tanamkan pembisaaan membaca do’a-do’a harian ini se dini mungkin. Berikut hal-hal yang perlu orangtua lakukan untuk menanamkan pembiasaan membaca doa harian lakukan di rumah: 

1. Buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Begitupun anak-anak kita, bagaimana anak kita tergantung bagaimana kita. Jadi beri contoh yang baik bagi anak. Dengan membiasakan diri membaca doa di setiap melakukan Sesuatu. Kalau perlu sengaja di diperdengarkan anak agar anak tahu bahwa kita tidak hanya menyuruh saja 

2. Jangan bosan untuk selalu mengingatkan anak untuk berdoa sebelum dan setelah melakukan sesuatu. 

3. Tulis doa-doa harian di tempat-tempat dimana anak melakukan aktifitasnya. Contoh, memajang doa belajar di meja belajarnya, doa makan di ruang makan keluarga. Dengan begitu anak akan mudah menghafal dan mengingatnya. 

4. Jangan lupa ya Bun untuk memberikan pujian atas setiap kebiasaan baiknya. 

Yuk ayah-bunda,tanamkan ke anak-anak kita bahwa berdoa merupakan suatu sarana komunikasi seorang mukmin kepada tuhannya! Jadi tidak hanya soal melatih hafalannya saja tapi juga memberikan pengertian kepadanya bahwa do'a adalah cara kita semakin dekat dengan-Nya. Dalam kondisi senang maupun sedih. Sudah ingat berapa Do’a Bun? Berikut beberapa contoh amalan do’a harian bisa ayah-bunda ajarkan untuk anak-anak tercinta: 

Do’a Untuk Orangtua



اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa. 

Artinya, "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil." 

Doa Sebelum Makan



اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa 'adzaa bannar 

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka" 

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ 

Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alnaa muslimiin 

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam" 

Doa Sebelum Tidur



بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ 

Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuutu 

Artinya: "Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati"

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ 

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba'da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru

Artinya : "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan" 

Doa Masuk Kamar Mandi Atau Toilet


اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ 

Alloohumma Innii a'uudzubika minal khubutsi wal khoaaitsi 

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan setan perempuan" 

Doa Keluar Kamar Mandi Atau Toilet


غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ 

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii. 

Artinya: "Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan." 

Doa Ketika Bercermin


اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ 

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii 

Artinya: "Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku" 

Doa Masuk Rumah



اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا 

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal" 

Doa Keluar Rumah / Doa Bepergian


بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله 

Bismillaahi tawakkaltu 'alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi 

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertologan Allah." 

Doa Memakai Pakaian




بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ 

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa'a'uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya: "Dengan nama-Mu yaa Allah akku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya" 

Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ 

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa 

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya" 

Doa Sebelum Belajar


يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا 

Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa 

Artinya : "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman" 

Doa Setelah Wudhu



اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ 

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiina. 

Artinya:"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh" 

Bacaan Doa Ketika Bersin



Bagi yang bersin sebaiknya membaca do’a 

اَلْحَمْدُلِلّهِ 

(Alhamdulillah)
Artinya: Segala puji bagi Allah SWT. 


Adapun yang mendengarkan orang bersin, hendaknya membaca doa berikut ini: 

يَرْحَمُكَ اللهُ 

yarhamukalloohu
Artinya : Semoga Allah memberi rahmat kepadamu 

Selanjutnya, orang yang bersin berdoa lagi, dan berikut adalah lafadz doa nya 

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً 

Yahdiikumul loohu wa yaslihu balakum
Artinya : Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu 

Dibaca Ketika Turun Hujan



ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻴِّﺒًﺎ ﻧَﺎﻓِﻌًﺎ 

Allohumma shoyyiban nafi'an
Artinya, "Ya Allah, (Jadikan hujan ini) hujan yang bermanfaat." (HR. Bukhari). 




Reference: 

Ahza mumtaza, faturi.2018. 50 Do’a Harian Anak Muslim.Jakarta: PT.Alex Media Komputindo. 

Al-Bahjah TV (2018) “Cara Buya Mendidik Anak - Hikmah Buya Yahya”, diakses dari (https://www.youtube.com/watch?v=YIgeoueVLm0) pada 19 Januari 2021 

8 comments

  1. Wah lengkap sekali Mbak
    Emang doa2 inilah yang paling lekat dengan keseharian kita. Tapi terkadang banyak lupanya jg sih kalo emaknya lupa ingetin hehe

    BalasHapus
  2. salam hormatku untukmu kak, terima kasih sudah menuliskan doa sehari2 ini yaa.. kadang ortu sering menganggap sepele 'ritual' dan kebiasaan baik untuk anak. hhh
    memang ya, doa sehari2 ini mesti diajarkan sejak kecil supaya nanti saat anak mulai tumbuh besar sudah menjadi kebiasaan yang nggak perlu diingatkan :)

    BalasHapus
  3. Kalau anakku karena masih dalam tahap belajar terbiasa berdoa,biasanya yang paling rajin doa sebelum makan. Meski nggak hapal, tapi bisa menirukan. Penting ya kak.. membiasakan.. masih proses.. moga" bisa..

    BalasHapus
  4. Masya Allah, lengkap banget doanya, dan semua doa-doa itu sepatutnya kita lakukan setiap saat. Sayang masih banyak yang belum diterapkan, terutam berdoa saat bercermin. Itu saya sih. 🤭

    BalasHapus
  5. Karena daku belum berkeluarga, baru praktekkan nya ke keponakan pelan-pelan alhamdulillah ada yang sudah hapal walau ada juga yang belum hehe

    BalasHapus
  6. Wah anakku paling hafal doa mau makan, Sek enggak usah disuruh meski doa kalau kelupaan, dia tahu Ada doa penggantinya, memang penting ya bund, mengajarkan berdoa saat mau melakukan sesuatu, sejak dini ya

    BalasHapus
  7. Semoga setiap langkah kita dan anak-anak kita selalu dalam perlindungan Allah dengan doa-doa yang terus dipanjatkan setiap hendak melakukan sesuatu ya Mbak... Terimakasih untuk kumpulan doanya. Aku ada yang nggak hafal beberapa... hehe

    BalasHapus
  8. Doa hariannya baru beberapa yang bisa. Mengajarkan doa pada anak butuh konsistensi, karena tidak akan langsung bisa sekali belajar.

    Semoga kita bisa terus mengajarkan kebaikan pada anak-anak sejak dini.

    BalasHapus