Tidak Mudah Masuk Angin Saat Harus Begadang, Yuk Ketahui Caranya!



Ada yang suka begadang? Berarti kita sama. Beberapa situasi membuat kita harus begadang malam-malam. Aktifitas ini sebenarnya sungguh tidak baik buat kesehatan ya! Tapi mau bagaimana lagi, jika harus demikian. Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah masuk angin. Sebenarnya istilah ini bukanlah salah satu penyakit yang ada dalam bidang kedokteran. Tapi nyatanya masuk angin adalah gangguan kesehatan yang sering menyerang orang Indonesia, betul?

Menurut ilmu kedokteran, masuk angin sebetulnya adalah sebuah gangguan kesehatan yang timbul karena gejala mag dan flu yang datang menyerang tubuh kita secara bersamaan. Seperti yang kita ketahui bersama penyakit mag ditandai dengan gejala : mual-muntah, perut kembung, begah, sering sendawa dll. Sedang penyakit flu gejalanya datang dengan tanda-tanda: demam, tidak enak badan, pegal-pegal dll. semua tanda dua gejala penyakit tersebut memang sering kita rasakan saat masuk angin bukan?

Menurut dr. Mulia sp. Pd yang dilansir dari kompas.com, "Tidak ada istilah masuk angin dalam dunia medis. Istilah masuk angin sebenarnya adalah gabungan dua jenis gangguan penyakit yaitu mag dan flu yang menyerang secara bersamaan"

Penyebab utama masuk angin adalah udara dingin yang berlebihan kita alami saat kita dalam posisi badan tidak fit. Contohnya saat anda berada di tempat ber-AC, kehujanan, cuaca dingin, atau sering begadang malam-malam dll. Beberapa situasi di atas pasti suatu saat kita alami ya! Jadi buat jaga-jaga agar tidak terkena masuk angin saat berada dalam situasi tersebut, bisa coba cara berikut ini ya!

1. Minum Minuman Hangat


Minum minuman hangat sudah terbukti dapat mencegah masuk angin datang menyerang. karena minum minuman yang hangat akan menaikkan sirkulasi darah, mengatur asam lambung, meningkatkan metabolisme, dan menenangkan otot karena nyeri sendi. Jadi jika kamu harus begadang malam-malam maka sebaiknya siapkan minuman hangat kesukaan sebagai teman begadang mu, setuju?

2. Memakai Jaket


Jaket adalah salah satu cara yang efektif menghalau masuk angin kala berada di udara yang dingin. Jika pakaian anda tebal dan hangat maka saat harus begadang ataupun kehujanan anda tidak akan mudah terserang penyakit ini.

3. Hindari Minuman Bersoda

Siapa yang suka minuman bersoda? Gejala dispepsi atau perut kembung bisa kamu alami jika banyak minum minuman bersoda lho! jadi agar perut tidak mudah kembung hindari minuman ini utamanya saat berada di udara dingin seperti saat harus begadang.

4. Jangan Minum Minuman Es Saat Begadang


Jika minuman hangat sangat dianjurkan untuk mencegah masuk angin dan gejala flu. Tidak demikian dengan minuman es. Bagi kamu yang begadang atau dalam kondisi yang kurang fit, minuman es adalah salah satu yang wajib kamu hindari! Mengapa tidak boleh minum es saat begadang? Karena air es dapat mengecilkan pembuluh darah sehingga dapat menimbulkan gejala flu utamanya pilek. Selain itu, minuman yang dingin bisa menyebabkan perut mudah kembung dan masuk angin. Jadi hindari minum minuman dingin saat begadang ya!

5. Jangan Sampai telat Makan


Jangan sampai kesibukanmu membuat kamu sering telat makan ya! Bisa runyam nanti acara. Karena keseringan telat akan membuat kita mudah terserang penyakit. Apalagi kesibukanmu memaksamu harus begadang malam-malam. Perutmu harus terisi dulu ya sebelum begadang. Karena perut kosong saat melawan dinginnya malam akan membuatmu mudah terserang masuk angin dan penyakit lainnya.

2 comments

  1. Minuman soda dan air dingin aku udh lama ga nyentuh. Soda Krn kandungan gulanya tinggi, dan air dingin Krn aku memang ga bisa. Biasanya abis minum air dingin seringnya sih radang mba. Makanya menghindar banget dari minuman dingin. Kalopun nyoba, biasanya aku kurangin es nya, ato aku biarin dulu di suhu ruang.

    Aku termasuk yg jarang sih masuk angin. Biasanya kena ini kalo udh traveling lama di negara yg suhunya ekstreme :p. Baru deh itu pasti masuk angin. Makanya kalo sdg traveling, aku selalu bawa tolak angin hahahaha. Orang Indonesia banget lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kita sepertinya kasus kita. tapi bedanya mbak fanny merhatiin kesehatan kalau saya malah hari -hari suka minum es walau badan cenderung lebih sering kedinginan dari pada kepanasan. ha.. ha.. walau beraninya saat siang hari aja. kalau malem sampai nekat minum pasti masuk angin atau demam. hiks

      Hapus