6 Langkah Elegan Mengatasi Rasa Cemburu


Cemburu adalah tanda cinta. Jadi bersukurlah jika istri atau suami anda pernah atau lumayan agak sering mencemburui orang-orang di sekitar anda. Mungkin teman sekantor anda, tetangga, atau mungkin kawan lama. Karena sebetulnya pasangan ingin mengungkapkan betapa berharganya dirimu disisinya dan tak ingin kehilangan dirimu. Semakin ia cemburuan maka nampaklah kalau cintanya kepadamu semakin dalam.. Cie.. Cie..

Menurut pakar anthropologi biologis, Heler Fisher yang dilansir oleh kompas.com Rabo (26/802009), cemburu adalah sifat yang berurat akar, dan merupakan insting positif yang mempengaruhi kehidupan manusia. Cemburu disebabkan oleh rasa insecure. Yaitu suatu perasaan khawatir berlebihan jika pasangan akan berpaling kepada orang lain.

Perasaan cemburu memang alami dirasakan seseorang yang sudah memiliki pasangan. Namun kita sebagai pasangan yang baik, harusnya bijak menyikapi rasa cemburu dalam hati. Jangan sampai cemburu tanda cinta bisa menjadi petaka bagi kelangsungan hubungan kita dengan pasangan. Berikut beberapa langkah elegan untuk mengatasi rasa cemburu yang sedang anda rasakan!

1. Pupuk Rasa Percaya Diri Dari Dalam Hati

Siapapun orang yang anda rasa mendekati pasangan anda. Anda adalah yang paling spesial di hati pasangan anda. Artiskah, pejabatkah, atau siapapun itu yakinlah anda lebih layak mendampingi pasangan anda bukan dia. Setiap orang memiliki porsi dan kesukaan sendiri-sendiri dalam memilih makanan kesukaan. Begitupun pasangan anda, Dan anda adalah yang paling sempurna untuk pasangan anda bukan orang lain. Maka tak perlu rendah diri, angkat dagumu tinggi-tinggi gandeng pasanganmu dengan rasa percaya diri.

2. Tak Perlu Cemburu Berlebihan Jika Pasangan Tidak Melakukan Apa-Apa

Anda cemburu hanya karena ada seseorang yang anda rasa menyukai pasangan anda? Hmm.. Baiknya tak perlu ya.. Selagi pasangan anda tidak memberi respon apa-apa terhadap pendekatan orang lain kepadanya. Kita tak bisa mengotrol perasaan orang. Selagi pasangan kita masih gak bergeming dari posisinya untuk setia dengan anda maka tak perlu ambil pusing.

3. Berikan Perhatian Lebih Pada Pasangan

Tahukah anda jika tidak ada oranglain yang lebih mengerti pasangan anda lebih baik dari anda. Anda yang paling tahu tentang kesukaannya, hobinya, sampai baik buruknya. Maka sekeras apapun usaha oranglain untuk mendekati pasangan anda tak akan mungkin menang dari anda. Berikan yang terbaik yang anda bisa untuk pasangan anda. Jika mungkin berselang waktu rasa cinta sudah mulai berkurang, maka ini mungkin saatnya anda memupuknya kembali. Mulailah kembali anda mengingat tentang masa jumpa dengan pasangan dan apa yang membuat pasangan jatuh hati pada anda. Buat moment-moment special masa lalu agar terulang lagi untuk menambah rasa cinta antar anda dan pasangan anda. Maka insyaallah pasangan tak akan berpaling ke lain hati.

4. Rasa Cemburu yang Anda Rasakan Jangan Sampai Membuat Anda Terlalu Protektif

Jangan pernah membuat pasangan anda terbebani dengan rasa cemburu anda. Tak pelu kita membatasi pergaulannya hanya karena kita takut kehilangannya. Karena kadang semakin kita memberikan batasan dan kekangan, pasangan kita akan merasa jengah. Bukan tidak mungkin ia mengundurkan diri dari hidup anda untuk bisa terbebas dari tekanan.

5. Jangan Lupa Berdoa Untuk Kelanggengan Hubungan

Pasangan bukan milik kita. Allahlah pemilik hati dan jiwanya. Maka tak perlu terlalu cemas karena Allah akan selalu menjaga kebaikan dan hubungan yang senantiasa dalam keimanan. Pasrahkan dan titipkan saja pasangan pada Allah agar selalu dalam penjagaannya. Selalu mengingatmu sebagai satu-satunya pasangan yang paling mengerti dirinya. Pasangan berbagi suka dan duka. Bukan seseorang yang datang disaat pasangan bersuka cita.

0 comments